Sekretariat Gafatar Pernah Ada di Sentolo

rumah di Sentolo ini pernah dipakai untuk sekretaruat Gafatar Kulonprogo, pada 2012 silam
rumah di Sentolo ini pernah dipakai untuk sekretaruat Gafatar Kulonprogo, pada 2012 silam

KULONPROGO – Sebuah rumah yang berada d tepi jalan Provinsi di dekat Staisun Sentolo pernah dipakai sebagai asekretariat Organisasi Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) di Kulonprogo. Organisasi ini pernah menyewa tempat ini pada 2012 silam.
Kepala Dukuh Sentolo Kidul, Tukino mengaku ada salah satu rumah di wilayahnya yang sempat dikontrak Gafatar. Namun kegiatan apa saja yang ada dia tidak pernah tahu. Sebab kegiatan lebih banyak pada malam hari. Itupun yang hadir dari luar daerah.
“Kalau tidak tiga empat kali mereka datang ke rumah memberikan undangan,” tutur Tukino.
Tukino sendiri mengaku sejak awal, tidak mau datang. Sebab ada temannya yang memberitahu jika oranisasi itu terlarang. Bahkan petugas polisi dan TNi juga memantau aktivitasnya.
Mereka yang tinggal di secretariat berasal dari luar daerah. Seperti dari Klaten, Bantul dan Sleman. Kegiatan yang dilakukan lebih banyak pada kegiatan social dan penyuluhan kesehatan.
Warga yang tinggal di seberang jalan depan rumah yang dikontrak mengaku tidak tahu persis kegiatannya. Setahunya hanya sosialisasi kesehatan. Itupun tidak banyak melibatkan warga. Justru mereka kerap melakukan kegiatan di wilayah lain.
“Kalau orang sini tidak ada yang ikut, kebanyakan dari luar daerah,” tutur Gunawan.
Selama hadir di Sentolo, organisasi ini kerap didatangi petugas dari Kementrian Agama. Salah satunya untuk memantau kegiatan yang dilakukan. Bahkan setelah sempat ramai, papan nama yang dipasangpun diturunkan, sebelum akhirnya bubar. (dys)

Please follow and like us:
,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *