Satlantas Polres Kulonprogo Tilang, Kendaraan dengan Strobo

Salah satu kendaraan yang menggunakan lampu strobo yang ditindak petugas Satlantas Polres Kulonprogo
Salah satu kendaraan yang menggunakan lampu strobo yang ditindak petugas Satlantas Polres Kulonprogo

WATES – Satlantas Polres Kulonprogo bertindak cepat mensikapi maraknya penggunaan lampu strobo dan rotator di sejumlah kendaraan pribadi. Setidaknya sudah ada lima kendaraan roda empat dan satu sepeda motor yang ditindak dan ditilang karena menggunakan perangkat tersebut.

“Kita akan tindak semua penggunaan lampu strobo maupun rotator yang tidak sesuai peruntukkan,” jelas AKP Maryanto Kasat Lantas Polres Kulonprogo, Jumat (20/10/2017).

Penggunaan lampu ini sudah diatur dengan UU 22/2009 tentang lalulintas. Dalam Pasal 59 yakni kendaraan kepolisian, kendaraan tahanan, pengawalan TNI, pemadam kebakaran, ambulan, rescue dan mobil jenazah dengan lampu isyarat warna biru. Untuk lampu isyarat warna kuning digunakan oleh kendaraan patroli jalan tol dan kendaraan khusus yang mengangkut bahan berbahaya. Polisi sendiri sudah menggelar rasia di pos Karangnongko, Wates pada Kamis (19/10/2017). Setidaknya sudah ada lima pengendara yang ditilang karena menggunakan lampu ini.

“Yang terjaring diberikan tilang dan dilepas lampunya,” tuturnya.

Selama ini Penggunaan lampu tersebut hanya terkesan untuk gagah-gagahan dan tidak sesuai peruntukkan. Ada juga yang ingin mendapatkan prioritas saat di jalanan. Semestinya prioritas dalam berkendaraan di jalan raya diberikan kepada mobil pemadam kebakaran yang sedang bertugas, ambulans yang memberikan pertolongan, konvoi kendaraan bermotor yang dikawal oleh patwal serta iring-iringan pengantar jenazah.

“Untuk mewujudkan Kamtibmas lancer, kami minta yang memasang untuk melepasnya,” terangnya. (dys)

Please follow and like us:
,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *