Hasto-Sutedjo, Kian Aktif Bedah Rumah

Sejumlah pegawai RSUD Wates ikut ebdah rumah membwa batubata pada kegiatan bedah rumahd engan melibtkan Bupati hasto Wardoyo (tengah)
Sejumlah pegawai RSUD Wates ikut ebdah rumah membwa batubata pada kegiatan bedah rumahd engan melibtkan Bupati hasto Wardoyo (tengah)

KULONPROGO – Pemerintah Kabupaten Kulonprogo terus melakukan program bedah rumah yang menyentuh kebutuhan langsung masyarakat kurang mampu. Dipimpim Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo bersama Wakil Bupati Kulonprogo, Minggu (15/5) melakukan bedah rumah di Kecamatan Panjatan dan Kecamatan Girimulyo.
Di kecamatan Panjatan tepatnya di rumah Surono di Dusun IX, Desa Pleret. Sedangkan Kecamatan di Girimulyo di rumah Samilah Pedukuhan Karanganyar, Desa Giripurwo.
Donatur utama program bedah rumah di 2 (dua) Kecamatan tersebut adalah Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Wates memberikan bantuan sebesar Rp 10 juta setiap rumahnya. Selain itu juga dari Kantor KP4K (Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Pertanian, Perikanan, Kehutanan) sebesar Rp 500 ribu per rumah, dari Kodim 0731 Kulonprogo memberikan bantuan berupa perlengkapan Jambanisasi, dari Bazcam Girimulyo sebesar Rp1 Juta dan bantuan IMB senilai Rp 230 ribu serta bantuan dari Kecamatan Panjatan.
“Program bedah rumah pada prinsipnya secara inti adalah untuk menggiatkan gotong royong yang merupakan budaya di daerah kita yang sudah ada sejak dulu, dan ini sebenarnya merupakan salah satu inti dari pelaksanaan Pancasila,” jelas hasto saat melakukan bedah rumah di Panjatan.
Bedah rumah juga bertujuan untuk membuat lingkungan sehat. Lingkungan rumah yang tidak layak huni dulunya lembab setelah dibangun rumah baru dengan lingkungan baru akan menjadi bersih, nyaman dan sehat.
”Dengan lingkungan sehat berarti kita sudah dapat menghindari atau mengantisipasi munculnya penyakit TBC yang sulit diobati,” tegas Hasto.
Hasto juga mengajak warga untuk menyukseskan Bela-beli Kulonprogo dengan membeli bahan-bahan material bangunan dari produk Kulon Progo.
Sementara itu, Wakil Bupati Kulonprogo Sutedjo berharap kepada warga setempat agar pembangunan rumah ibu Samilah dilanjutkan hingga dapat ditempati dan dibantu dengan ikhlas secara bergotong royong serta ditanggung bersama. (dys)

Please follow and like us:
, ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *