Desa Tawangsari, Hasilkan Kelengkeng

Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo memanen kelengkeng di keb un buah di Soropadan, Tawangsari, Pengasih, Sabtu (13/8)
Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo memanen kelengkeng di keb un buah di Soropadan, Tawangsari, Pengasih, Sabtu (13/8)

KULONPROGO – Desa Tawangsari akan dikembangkan sebagai sentral Kelengkeng di Kulonprogo. Bahkan sangat dimungkinkan akan adikembangkan menjadi desa wisata dengan keunggulan kebun buah.
“Kita ingin kembangkan kebun buah, untuk menarik kunjungan wisata,” jela Kepala Desa Tawangsari, Sigit Susetyo.
Saat ini sudah ada dua ribu, pohon kelengkeng yang ditanam. Sebanyak 200-300 sudah berbuah dan memasuki masa panen. Panen perdana dilakukan oleh bupati Hasto Wardoyo pada Sabtu (13/8). Nantinya juga akan dikembangkan sentral buah lain, seperti durian, srikaya, jeruk hingga pepaya.
Pendamping CV Ijo Royo-royo yang menjadi mitra petani Kelengkeng, Untung, mengaku tanaman kelengkeng ini sudah ditanam di lahan sekitar 15 hektar. Bahkan buah yang dihasilkan cukup bagus, baik dari ukuran, rasa maupun kandungan airnya. Tanaman yang dikembangkan merupakan kelengkeng jenis new cristal dan diamond river.
Menurut Untung, usia tanaman tidak menentukan kapan bisa berbuah. Namun semuanya tergantung kerimbunan pohon, dengan pertumbuhan yang diatur. Terbukti ada beberapa tanaman yang usianya baru satu tahun tetapi sudah bisa berbuah.
“Ada 50 petani yang kita damping di Tawangsari ini,” jelasnya.
Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo mengaku bangga dengan inovasi yang dilakukan warga khususnya petani di Tawangsari. Meskipun lahannya kurang bagus namun mampu menghasilkan buah kelengkeng yang sangat bagus. Apalagi jika dikembangkan di lahan yang lebih subur, pasti hasilnya lebih smepurna.
Selama ini buah Kelengkeng banyak dihasilkan dari daerah yag berhawa sejuk. Namun dengan pengembangan di Tawangsari, mampu menunjukkan jika tanaman ini bisa berkembang di daerah manapun.
“Indonesia tidak perlu import buah, kalau petani mampu berinovasi,” jelasnya.
(dys)

Please follow and like us:
, , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *