Berawal Pinjam Motor Teman, Dijual dan Berakhir di Polisi

Waka[polres Kulonprogo Kompol Dedi Surya Darma memberikan keterangan pers, terkait aksi penipuan yang diungkap Polsek Panjatan.
Waka[polres Kulonprogo Kompol Dedi Surya Darma memberikan keterangan pers, terkait aksi penipuan yang diungkap Polsek Panjatan.
PENGASIH  – Petugas Reskrim Polsek Panjatan, Kulonprogo, DIY, mengamankan Tk,19 warga Sriharjo, Imogiri, Bantul karena terlibat kasus penipuan sejumlah sepeda motor. Berbekal meminjam sepeda motor teman, pelaku menjualnya melalui facebook. Tersangka terancam akan dipenjara dengan ancaman hingga empat tahun penjara.

Wakapolres Kulonprogo Kompol Dedi Surya Dharma mengatakan, terungkapnya kasus ini berawal laporan dari korban Sujarwo, warga Depok, Panjatan. Dia melaporkan pelaku ke Polsek Panjatan yang telah meminjam sepeda motor Honda AB 5381 LK yang tidak kunjung dikembalikan.

Berawal dari laporan inilah, petugas melakukan penyelidikan. Hingga akhirnya, pelaku diamankan setelah tidak bisa menunjukkan keberadaan sepeda motor milik korban.

“Motor yang dipinjam ini, kemudian dijual tersangka melalui facebook,” terang Dedi, Rabu (04/10).

Dari pengakuan tersangka, motor ini dijual kepada pembeli melalui facebook dengan harga normal. Tersangka menjanjikan nakan segerav melengkapi dengan BPKB, setelah uang muka dibayarkan seharga Rp1 juta.

“Dia sudah melakukan empat kali, taiga di wilayah hokum lain. Kita akan jerat dengan Pasal 378 dan 372 KUHP tentang penipuan dan penggelapan dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara.

Tersangka Tk, mengaku nekad melaukan perbuatan ini karena terbentur keadaan. Dia sengaja meminjam untuk dijual kepada orang melalui facebook.

“uangnya habis untuk makan sehari-hari,” ujar buruh harian lepas ini. (dys)

Please follow and like us:
, ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *